Sunday 4 August 2013

Jejaring Sosial Sebagai Media Bisnis Online yang Potensial



Sekarang layanan internet seolah-olah bukan lagi kebutuhan  tersier. Sebagian orang sudah menganggapnya sebagi kebutuhan sekunder. Lazimnya kita menjumpainya di kota-kota besar. Saat kita hendak pergi ke suatu kota, mungkin berjalan kaki melewati suatu plaza, maupun kawasan bisnis terpadu,internet tidak lagi sebatas di Warnet(warung internet). Bayangkan. Saat kita sedang pergi liburan di kawasan tersebut, dan tiba-tiba bos melalui telepon minta hasil laporan penjualan bulan ini dan dikirmkan melalui email. Apakah lantas kita harus pergi ke warnet terdekat? Itu sangat merepotkan. 

Bar, café bahkan restaurant pun kini sudah banyak yang menyediakan layanan internet Wifi. Sehngga waktu liburan Anda tak menjadi masalah harus mengirimkan arsip melalui jaringan nirkabel. Bisa juga sambil menunggu makanan yang kita pesan siap disajikan, Anda bisa berkunjung ke situs media social. Ini sudah menjadi nyawa bagi pengguna internet sekarang. Rasanya kurang afdol kalau kita berselancar di dunia maya tanpa aktif di media social. Anda juga tidak perlu pergi jauh-jauh ke belahan dunia lain hanya untuk berkenalan bukan? Itulah solusi yang di tawarkan media social. 

Negara Indonesia dengan jumlah penduduk kurang lebih sekitar  245,5 juta jiwa orang, 54 juta diantaranya adalah penggna aktif internet. Dari angka tersebut 43 juta orang dintaranya memiliki akun facebook. Maka tak ayal jika Indonesia masuk dalam peringkat keempat negara dengan jumlah pemakai facebook terbesar di dunia. Masih kurang?  Tepat sekali. Sekitar 19 juta orang sisanya pengguna akun Twitter di Indonesia berhasil menempatkan diri menjadi peringkat kelima pengguna twitter di dunia. 

Ini merupak pijlakan awal bagi suatu perusahan bahkan usaha kecil menengah lainnya dalam mempromosikan suatu produk hingga jasa dengan akses media social. Anda tidak perlu lagi membayar uang sewa bulanan untuk promosi di media social. Cukup dengan akses internet, pembuatan situs yang berdaya jual tinggi, dan komitmen kepada pelanggan Anda untuk menyajikan produk yang terbaik. Hal ini telah dibuktikan dengan maraknya berbagai perusahaan yang telah menjalankan bisnis online dan beriklan di media social seperti Facebook dan Twitter. Selain efektif dan murah, melalui media social keterkaitan antara perusahan Anda dan klien menjadi lebih dekat. Karena dengan media social merupakan komunikasi 2 arah. Bukan tidak mungkin jika suatu usahan mikro yang melebarkan pasarnya melalui bisnis online, dapat bersaing layaknya label perusahaan besar lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Mulailah dan Anda akan tahu jawabannya.

Ditulis Oleh : Unknown // 20:10
Kategori:

0 comments:

Post a Comment