Wednesday 21 August 2013

Cara Menaikkan Popularitas Blog



Katanya blogger tapi kok pengunjungnya sedikit? 

Katanya Blog Addict, tapi kok yang comment gak ada?

            Beberapa pertanyaan memang perlu ditanyakan kepada kita bagi yang mengaku bloggersejati. Menulis melalui blog sudah menjadi gaya hidup baru di dunia jurnalistik sekarang. Pada awalnya, sarana curhat adalah melalui buku diary dan kemudian berubah menjadi diary online (blog, red). Ada beberapa situs seperti wordpress.com, atau blogspot.com yang menawarkan pembuatan blog secara gratis.

            Blog kemudian berkembang menjadi media baru sebagai tempat berbagi informasi antar sesama internet user. Bahkan, trend yang terbaru adalah ‘kompetisi’ membuat blog makin bagus, dan terkenal. Tujuannya satu, menjadikan blog tersebut menjadi populer! Ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh para blogger untuk menaikkan popularitas blognya tersebut, salah satunya dengan cara Search Engine Optimization (SEO). SEO tidak akan dibahas sepenuhnya disini akan tetapi, esensinya adalah SEO mampu menjadikan blog Anda sebagai salah satu trend topic di mesin pencari. Selain menggunakan SEO ada beberapa cara aplikatif yang bisa Anda gunakan untuk menaikkan popularitas blog Anda sekarang juga, yaitu :

      1. Persiapkan blog semenarik mungkin
Blog yang menarik jika berisi hal-hal yang informatif, update dan bisa mengedukasi pembaca. Blog Anda pun harus memiliki tujuan yang fokus. Dalam arti, jika Anda bertujuan untuk membuat blog tentang telekomunikasi, sebaiknya Anda memfokuskan ke pembahasan blog di seputaran informasi tentang telekomunikasi dan jangan melebar hingga ke bidang kesehatan bahkan kuliner. Dengan fokus, Anda bisa membangun brand image bagi para pembaca jika pembaca ingin mencari tentang telekomunikasi (misalnya), Andalah yang dicari.
Selain itu, gunakanlah bahasa yang komunikatif. Pada umumnya, orang tidak menyukai hal yang ribet. Begitu pula saat membaca blog Anda. Ketika Anda mampu menggunakan bahasa yang komunikatif, Anda telah berada di salah satu jalur yang tepat untuk mengembangkan blog Anda.

      2. Lakukan Blog-Walking
Blog-walking adalah istilah yang digunakan bagi para blogger untuk menyapa atau memberi komentar di blog orang lain. Istilahnya, Anda mengunjungi tetangga Anda sesama blogger. Berikan komen yang sesuai dengan artikel yang Anda baca tersebut. tentu saja berikanlah komentar yang positif dan membangun. Setelahnya, jangan lupa mencantumkan link blog Anda di komen Anda dan meminta mereka untuk berkunjung balik ke blog Anda.
Hal ini sangat bermanfaat karena selain menjadi salah satu penunjang naiknya popularitas blog, Anda juga bisa membuat pertemanan dari dunia maya ke dunia nyata jika sudah mengenal lebih dekat.

      3. Terus update
Pembaca yang senang membaca tulisan Anda tentu sangat menanti tulisan-tulisan Anda berikutnya. Jangan sampai keingingan pembaca ini menjadi menurun karena Anda tidak melakukan pembaharuan blog secara intensif. Pembaharuan tersebut bisa berupa penambahan informasi terbaru, ataupun membuat folder baru yang masih terkait dengan pembahasan Anda. Misalnya, blog Anda berisi tentang hal-hal yang membahas psikologi, Anda bisa menambahkan bahasan mengenai kesehatan ataupun seni, karena masih memiliki keterkaitan dengan psikologi.
Pembaharuan dengan menambahkan topik bahasan lain bisa menghindarkan pembaca dari rasa jenuh. Dengan demikian, blog Anda menjadi semakin lengkap dan menarik.

     4. Manfaatkan jejaring sosial
Facebook, Twitter serta berbagai situs jejaring sosial lainnya menjadi salah satu gaya hidup baru juga bagi berbagai kalangan saat ini. Manfaatkan jejaring ini untuk mengenalkan kepada para akun di jejaring sosial tersebut. Anda bisa melakukannya dengan cara copy link Anda ke status Anda di Facebook atau kicauan di Twitter.  Jangan lupa pula untuk melakukan tag atau mention kepada akun potensial yang kiranya dapat membantu menaikkan popularitas blog Anda.
            Beberapa cara di atas sangat bisa diaplikasikan bagi Anda yang ingin membuat situs atau blog Anda lebih optimal

Selamat mencoba !!

Sharing make us Better – By: Andhika Alexander S. Psi

Ditulis Oleh : Unknown // 22:32
Kategori:

0 comments:

Post a Comment