Friday 16 August 2013

Cerdik Dalam Memilih Jasa Konsultan SEO



“Jadikan web Anda sebagai trendsetter di Google dan Yahoo! Hanya Rp50.000,00 saja (life-time ever!!!)”


            Marketing statement diatas bukanlah hal baru dan sering kita baca saat mencari jasa konsultasi SEO. Sayangnya, tidak sedikit orang yang kecewa karena merasa tertipu karena uangnya yang hanya Rp50.000,00 hilang. Memang jumlah uang yang sedikit, tapi jika dibandingkan dengan waktu dan tenaga yang terbuang percuma  karena menggunakan jasa konsultan SEO yang amatir, tentu saja memberikan kerugian tersendiri.
Di bawah ini disajikan beberapa trik cerdik dalam memilih jasa konsultan SEO:

1.     Konsultan SEO punya website yang telah di SEO-kan
Sebelum menjadi konsultan SEO, tentu saja mereka juga memiliki website sendiri. Anda bisa melakukan penilaian apakah konsultan SEO tersebut bisa dipercaya untuk menangani proyek website Anda sejauh si konsultan telah membuktikan rekam karirnya. Dalam arti, konsultan SEO juga memiliki website yang telah ter-SEOkan alias websitenya menjadi salah satu trendsetter di search engine.

2.      Tidak semua situs bisa di SEO-kan
Konsultan yang pro adalah ketika mereka melakukan analisa dan peninjauan terhadap proyek websitenya tersebut. Ada kasus-kasus tertentu yang muncul dimana tidak semua situs bisa di SEO-kan. Tetapi, demi mengejar uang, para konsultan SEO yang tidak pro akan menyanggupi proyek yang Anda tawarkan meskipun ia mengetahui situs Anda tidak bisa di SEO-kan. Konsultan SEO yang baik adalah ketika mereka menyatakan apa adanya tentang kondisi situs Anda apakah bisa dilakukan SEO atau tidak.

3.     Harga = (Tidak Selalu) Kualitas
Dari level pebisnis hingga awam pun pasti akan mencari sesuatu yang memilki harga yang murah dengan kualitas yang terbaik. Tapi, tidak di dalam dunia per-SEO-an. Harga tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas. Harga jasa konsultas murah memang tidak bisa menjaminkan kualitasnya baik. Begitu pula sebaliknya, harga yang terlalu mahal pun tidak worthieduntuk dijadikan konsultan. Harga normal dari jasa SEO itu sendiri kurang lebih 70$ - 200$ dengan paket jasa berupa layanan SEO dan layanan jasa audit situs.

4.      Follow Up langsung
Seorang konsultan SEO yang bisa diajak ke dalam suatu proyek adalah mereka yang mau dan mampu melaporkan perkembangan website proyeknya. Meskipun kadang ada pebisnis yang ‘hanya mau tahu jadi saja’, para konsultan ini tetap konsisten memberitahukan hasilnya kepada klien mereka. Terlebih jika situs tersebut mengalami kasus-kasus seperti kerusakan jaringan situs ataupun situs tersebut tidak bisa di SEO-kan
Anda perlu memilih konsultan yang mau secara konsisten melaporkan hasil kerjanya kepada Anda meskipun Anda hanya ingin terima jadinya saja. 

5.      Tidak langgar ‘Google Policy’
Konsultan yang baik adalah konsultan SEO berjenis white hat. Mereka ini tidak akan melanggar aturan yang diterapkan oleh sistem logaritma Google dengan menggunakan tools-toolsyang bisa merugikan pihak lain. Konsultan SEO berjenis White Hat mampu mengoptimasi situs kliennya dengan benar dan menggunakan tools organik yang tentu saja legal.

           Tetap waspada sebelum Anda memutuskan untuk mengadakan transaksi dengan para konsultan tersebut sehingga Anda tidak kecewa di belakang. Pergunakan mesin pencari di internet untuk menemukan konsultan yang pro dan memiliki integritas yang tinggi pula.
Selamat mencoba!

Sharing make us Better – By: Andhika Alexander S. Psi

Ditulis Oleh : Unknown // 21:24
Kategori:

0 comments:

Post a Comment