Wednesday 14 August 2013

Cara Cerdas Memilih Jasa Konsultan SEO



Sudah menjadi rahasia umum bahwa Search Engine Optimization merupakan salah satu jalan agar website Anda menjadi ‘The Best di berbagai Search Engine. Begitu juga dengan jasa konsultan SEO yang kian berjamur. Anda dengan mudah bisa memperoleh keterangan tentang jasa konsultasi SEO di internet. Tentu saja, berbagai macam tawaran harga, pilihan jasa dan apapun itu ditawari secara persuasif oleh para konsultan sehingga mereka mendapatkan klien. Jangan sampai terlena dengan berbagai tawaran yang diberikan. Sikap kritis tentu saja diperlukan sebelum Anda menggunakan jasa seorang konsultan SEO. Sebagai calon pengguna jasa, Anda harus cerdas dalam memilih jasa SEO. 

Ada beberapa cara cerdas yang bisa Anda gunakan sebelum menggunakan jasa konsultan SEO, antara lain :
  1. Kantor / Contact Person Harus Jelas,  Banyak penipuan di internet karena berawal dari ketidaktelitian kita sendiri. Salah satu cara untuk memastikan bahwa konsultan SEO itu benar seorang konsultan yang ‘pro’ dan bukan ‘abal-abalan’ bisa dibuktikan lewat kejelasan contact person. Di website tersebut harus tersedia nomor telepon dan atau e-mail yang aktif. Anda perlu melakukan kontak secara langsung dengan pihak tersebut.  

    Namun, kontak pun belum bisa memastikan bahwa ia merupakan seorang konsultan SEO. Sangat disarankan mencari konsultan SEO yang berdomisili di daerah Anda sehingga Anda bisa bertemu langsung dengan calon konsultan Anda (COD). Selain itu, meskipun bukan cara yang terlalu efektif, pilihlah konsultan SEO yang berdomisili di kota-kota besar. Secara logika sederhana, teknologi informasi khususnya dunia internet akan jauh lebih berkembang di kota-kota besar dibandingkan dengan kota kecil (meski tidak selamanya seperti itu). Dengan demikian konsultan SEO di kota besar bisa lebih ‘mumpuni’ dibandingkan konsultan SEO di kota kecil (tapi sekali lagi, itu bukan suatu tolak ukur akan kompetensi dari si konsultan).

  2. Penawaran Harga Kompetitif, Harga terlalu tinggi menjadi suatu kendala bagi kita dalam menggunakan jasa konsultan SEO sekalipun ia memang ‘pro’. Tapi, harga terlalu rendah juga perlu diwaspadai untuk menghindari konsultan ‘abal-abalan’ yang masih amatir namun sudah mengaku sebagai pro. Anda harus mencari pasaran harga. Pasaran harga SEO yang berkembang di Indonesia sekitar 70$ - 200$ per proyek. Namun, seiring perkembangan waktu, harga tersebut bisa saja bersifat fluktuatif.

    Carilah beberapa pilihan konsultan termasuk membandingkan antara harganya dengan layanan apa saja yang Anda peroleh dengan suatu nominal tertentu. Pilihlah konsultan yang menawarkan harga kompetitif dengan pelayanan yang maksimal.

  3. Jangan Tergiur Testimoni Website, Salah satu modus yang digunakan semua perusahaan termasuk penyedia jasa konsultasi SEO adalah dengan menampilkan testimoni dari para ‘pelanggannya’. Testimoni ini sangat berguna untuk meningkatkan trust dari para calon customer sehingga memilih menggunakan jasa si konsultan tersebut.

    Anda perlu berhati-hati, karena sangat mudah memberikan box comments dalam suatu website. Meskipun di dalam testimoni tersebut terdapat foto sehingga kelihatannya begitu meyakinkan, Anda tetap perlu waspada. Jangan fokuskan perhatian dan penilaian Anda pada testimoni tersebut, tapi pada portofolio konsultan tersebut (akan dijelaskan di bagian berikutnya).

  4. Layanan Yang Ditawarkan, Pada umumnya, seorang penyedia jasa konsultan SEO hanya akan memberikan layanan peningkatan trend website Anda. Tapi, ada beberapa konsultan SEO yang menawarkan paket pilihan jasa lainnya. Antara lain selain meningkatkan traficsitus, si konsultan juga menawarkan jasa audit situs. Dalam arti, situs Anda akan diberi masukan seharusnya seperti apa, termasuk memberikan konsep sehingga situs Anda menjadi lebih menarik. Konsultan SEO seperti ini bisa menjadi salah satu referensi pada saat Anda akan menentukan jasa konsultasi SEO. Tetapi, tetap diingat, Anda harus melakukan survei pasar untuk mengetahui harga pasaran jasa konsultasi SEO tersebut. 

  5. Jangan Percaya Garansi 100%
    Meskipun dikatakan garansi 100%, janganlah mudah percaya. Itu hanya menjadi salah satu jargon menarik di dunia marketing untuk menarik customer atau klien. Tetap Anda harus kritis dengan melihat portofolio yang ditampilkan calon konsultan SEO tersebut.

Cerdaslah sebelum Anda memilih konsultan SEO. Anda salah dalam memilih, bukan hanya kerugian di bidang finansial, tetapi juga di waktu dan tenaga yang terbuang untuk mengurusi konsultan SEO yang kurang profesional tersebut. 

Semoga Bermanfaat!

Sharing make us Better – By: Andhika Alexander S. Psi


Ditulis Oleh : Unknown // 23:17
Kategori:

0 comments:

Post a Comment