Tuesday 1 October 2013

Tips Memilih Nama Domain yang SEO Friendly



Nama domain yang SEO Friendly ternyata sangat berpengaruh pada situs Anda di mesin pencari khususnya google. Apabila kita berniat untuk membuat sebuah blog yang baru, maka langkah yang paling awal adalah menentukan sebuah nama domain. Ibarat sebuah tempat, domain merupakan alamat dari tempat tersebut. Di dalam membuat sebuah domain suatu blog biasanya ada dua pilihan. Yang pertama yaitu menggunakan subdomain gratisan contohnya namakamu.blogspot.com atau namakamu.wordpress.com ataupun nama domain yang berbayar dan dapat kita tentukan sesuai keinginan misalnya saja namakamu.com atau namakamu.co.id .

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara memilih nama domain supaya menjadi SEO Friendly dan baik dimata google. Berbicara soal domain, jangan pernah menganggap domain itu remeh. Karena visitor khususnya visitor direct akan langsung bisa menilai dan memiliki tebakan tersendiri. Contohnya ada sebuah situs berdomain bisnis-online.com . Maka seseorang visitor direct akan tahu bahwa isinya adalah khusus bisnis online. Bayangkan jika nama domain Anda ciacia.com. Pasti pengunjung direct juga tidak akan tau apa inti yang dibahas dari blog anda. Ada juga visitor yang menilai nama domain dari domain berbayar lebih baik daripada gratisan. Oleh karena itu domain tidak boleh dianggap sepele.

Kembali ke topik pembahasan, berikut adalah tips serta cara-cara memilih nama domain supaya bisa menjadi SEO Friendly :

a) Jika bisa buatlah domain yang berbayar, namun jika Anda pemula maka sebaiknya Anda harus hati-hati dalam membeli domain.
 
    b) Pilihlah nama domain yang sesuai dengan topik dari blog Anda. Usahakan untuk nama domain terdapat keyword (kata kunci) yang bisa dijadikan target utama visitor dari search engine. Contohnya tema blog Anda tentang kuliner maka buatlah domain yang ada kata “kuliner”. Misalnya kuliner.com atau kuliner-enak.com.
Dengan menggunakan nama domain sesuai dengan tema, maka robot search engine akan mendeteksi kata yang  terdapat pada nama domain, lalu akan dijadikan keyword utama blog atau website Anda.

c   c) Usahakan membuat domain dengan karakter yang pendek. Misalnya jika ingin membuat blog berisi sepak bola. Dapat Anda buat domain sepak-bola.com atau football.blogspot.com dan jangan sampai membuat football-indonesiayangkeren.blogspot.com
Tentunya akan seperti kereta yang panjang sekali jika Anda menggunakan nama domain tersebut

d  d) Buatlah domain yang mudah diingat, gunakanlah kata-kata yang populer dan jangan aneh-aneh

e   e) Jika Anda masih pemula hindari untuk membuat domain dengan nama anda sendiri. Jika Anda ingin terkenal cukup bisa menempatkan nama Anda di header blog.

f\   f) Manfaatkan google keyword tools atau google search dropdown untuk melihat kata kunci yang banyak dicari orang menggunakan search engine

g   g) Apabila blog atau web yang dibuat merupakan blog instansi, unit usaha, perusahaan, atau sekolah sebaiknya gunakan nama unit, instansi, perusahaan atau sekolah tersebut.

Semoga dengan saran-saran diatas dapat membantu Anda untuk menentukan nama domain yang SEO Friendly yang cocok untuk blog atau website Anda. Sehingga nama domain dapat di optimalkan agar lebih SEO Friendly.

Ditulis Oleh : Unknown // 01:32
Kategori:

0 comments:

Post a Comment