Saturday 26 October 2013

Cara Menyikapi Komentar Spam pada Blog Anda



Cara menyikapi komentar spam tentunya perlu  dilakukan demi membuat situs akan lebih SEO Friendly. Jika Anda tidak pandai dalam menyikapi yang namanya komentar spam. Artinya bisa akan kehilangan popularitas blog Anda sendiri baik di mata google maupun pengunjung yang sedang membaca artikel dalam blog tersebut. Dengan terbiasa membebaskan komentar spam maka akan berakibat membuat Anda sudah malas untuk menanggapi semua komentar. Kasihan sekali buat para pengunjung yang ingin bertanya, tetapi pertanyaannya berada di tengah-tengah komentar spam. Sehingga membuat Anda sendiri mungkin tidak akan menjawab pertanyaan tersebut.

Sebelum melakukan tindak lanjut terhadap komentar-komentar spam sebaiknya kita perlu mengetahui ciri-ciri komentar yang termasuk spam :

  1. Komentar yang terdapat link
Komentar yang terdapat link akan membuat google spider merayapi suatu situs ataupun blog dan menambah outbond link untuk situs tersebut. Apalagi link terebut merupakan link dofollow.

   2. Nama pemberi komentar adalah iklan
Sering sekali dijumpai menggunakan nama komentar yang menjerumus pada iklan. Contoh nama komentar tersebut seperti : Jual obat Pelangsing dan lain-lain. itu merupakan hanya semata-mata promosi meskipun terkadang komentarnya nyambung.

       3. Komentar pendek yang seperti memberikan pujian.
Contohnya adalah komentar seperti ini : Nice post, nice artikel, keren artikelnya dll. Ini adalah komentar yang memberikan pujian tetapi tak memberikan alasan.

       4. Komentar panjang tapi komentar copy paste
Biasanya komentarnya panjang sekali tetapi digunakan komentar sama di situs lain.

5     5. Komentar yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan posting
Pastinya sering sekali dilakukan. Dan biasanya hanya untuk promosi saja.

   6. Komentar yang semata-mata untuk mencari referal bisnis online
Ini malah sering sekali seorang yang menggeluti dunia bisnis internet memanfaatkan komentar untuk mencari referal dengan kata-kata yang seolah-olah meyakinkan akan cepat kaya.

Setelah mengetahui ciri-ciri dan contoh komentar spam, saat ini saatnya menyikapi dan melakukan tindak lanjut terhadap komentar spam ini.

   1. Silahkan gunakan kode captcha
    Ini bertujuan supaya membuktikan bahwa yang berkomentar adalah manusia dan bukan 
    merupakan bot komentar otomatis.
2      2. Aktifkan saja moderasi komentar, karena ini dapat digunakan untuk memilah-milah 
         komentar yang ditampilkan.
   3. Lebih baik tidak usah izinkan komentar anonymous
   4. Gunakan rel nofollow pada komentar
   5. Silahkan menggunakan plugin anti spam
   6. Segera hapus apabila menemukan komentar yang dikategorikan termasuk komentar spam

Jika telah menerapkan cara menyikapi komentar spam. Maka Anda berhasil menjaga kualitas blog Anda dan tidak akan menurunkan popularitas blog tersebut baik di mata search engine google maupun di mata pengunjung situs itu. Semoga bermanfaat dan marilah kita selalu menjadi blogger yang baik dan dapat dipercaya demi kemajuan kita didunia blogging.

Ditulis Oleh : Unknown // 23:09
Kategori:

0 comments:

Post a Comment