Friday 13 September 2013

Cara Membuat Judul Posting Yang Menarik Serta SEO Friendly



Ini adalah artikel mengenai teknik SEO pada judul posting, serta cara memilih judul yang seo friendly dari hasil SERP google. Juga akan dibahas tentang bagaimana membuat judul posting yang SEO friendly hingga bisa masuk hasil SERP top 10 google.

Ibaratkan orang membaca buku maka orang cenderung membeli buku dengan judul yang unik meskipun terkadang isinya kalah dengan buku yang judulnya kurang menarik. Begitu pula sebuah postingan blog, untuk menarik visitor diperlukan judul yang unik serta sesuai dengan keinginannya. Setiap orang yang mengetikan pencarian di google pasti akan muncul beberapa hasil pencarian, dan hal yang paling pertama dibaca adalah judul. Judul yang menarik akan mendatangkan para visitor untuk tak segan-segan mengunjungi situs tersebut. Butuh cara khusus untuk membuat kalimat unik serta menarik. Selain itu juga perlu menggunakan sedikit teknik SEO supaya judul lebih terlihat di halaman pencarian utama. 

Berikut adalah cara-cara memilih sebuah judul blog yang unik dan menarik serta panduan teknik SEO nya :

1.      Pilihlah judul yang dicari orang

-          Langkah yang paling mudah adalah tentukan judul yang anda inginkan. Misalnya anda ingin membuat artikel berjudul “cara membuat judul blog seo”
-          silahkan kunjungi www.google.com. Kemudian ketikan kata kunci yang anda inginkan misalnya “cara membuat judul blog seo”. Tapi jangan langsung di tekan enter, lihatlah dulu tulisan ke bawah seperti gambar di bawah ini


gambar tersebut terlihat banyak sekali pilihan, dan anda bisa memilih salah satunya karena biasanya yang muncul ketika di ketik adalah judul yang paling sering dicari. Namun terkadang ini terlalu panjang maka sebaiknya anda perlu mengubahnya. Silahkan baca cara selanjutnya :

2.      Buat Judul semenarik dan seunik mungkin serta seo friendly

Selain menggunakan cara diatas anda juga bisa merubah sedikit supaya terlihat lebih unik. Dan berikut adalah cara memilih judul yang unik dan baik :

-          Buatlah judul yang pendek

Pastikan judul sesingkat mungkin serta pastikan tidak pernah melebihi 75 karakter. Untuk menjaga kualitas, saya sarankan Anda untuk menggunakan 60 karakter dalam setiap judul posting Anda.

-          Buatlah judul yang deskriptif

Buatlah judul deskriptif sesuai apa yang ada pada artikel anda. Jangan buat judul yang setidaknya aneh apalagi menggunakan kata singkatan.

-          Butlah judul yang berhubungan dengan kata kunci artikel.

Masukan salah satu kata kunci di judul artikel, misalnya salah satu kata kunci dari artikel adalah “memakan” . Sedangkan tema artikel anda adalah panduan memakan roti. Maka buatlah judul “cara memakan roti yang enak”

-          Anda bisa menggunakan sinonim.

Jika anda sulit menemukan kata-kata, anda bisa menggunakan cara pertama diatas kemudian ubahlah kata-kata sesuai sinonimnya. Misalnya judul aslinya “download gratis mp3” bisa anda ganti dengan “unduh gratis musik mp3”

-          Anda bisa membuat judul yang menggunakan kalimat tanya.

Buatlah judul menggunakan kalimat tanya misalnya artikel berjudul “mengapa harus membuat blog ?”

-          Anda bisa membuat judul Menggunakan Kata “Eye Catching”.
Yang dimaksud Eye Catching adalah kata yang melebih lebihkan contohnya : HOT, terbaik, sempurna, baik, sangat baik. Ini akan membuat orang untuk memeriksanya. Misalnya saja judulnya “foto cowok korea paling hot”


3.      Cara yang berikutnya dengan cara membuat judul artikel supaya berada di depan judul/nama blog blog (tidak semua blog)

Terkadang di dalam hasil pencarian nama blog berada di depan judul artikel . Tentu saja ini membuat orang akan hanya sedikit membaca judul artikel anda. Namun kebanyakan sekarang sudah jarang sekali karena ada template tertentu saja yang judul blognya lebih dulu dari judul artikel.

Namun cara ini juga hanya khusus blogger :

a.      Pertama kunjungi blogger.com dan masuk ke bagian template blog dan edit kode html
b.      Centang Expand Widget
c.       Carilah kode <title><data:blog.pageTitle/></title>
d.      Jika sudah menemukan silahkan hapus kode tersebut dan ganti dengan kode 

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if> 

e.       Klik Simpan template.

Note : Jika cara ini berpengaruh pada template anda lebih baik tidak usah,

Semoga cara di atas dapat memberikan ide bagi anda yang ingin mengoptimalkan judul postingan yang seo friendly. Semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang belajar SEO dan buat para master jika ada kesalahan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Ditulis Oleh : Unknown // 20:10
Kategori:

0 comments:

Post a Comment