Wednesday 11 December 2013

Kumpulan Istilah Dalam SEO



Istilah dalam SEOmerupakan kumpulan istilah dan pengertian hal-hal penting yang ada pada dunia SEO ini. Ada gunanya seorang pemula mengetahui tentang istilah-istilah berikut ini. 


           Algoritma Pencarian
Algoritma pencarian yaitu sistem yang dipakai oleh mesin pencari untuk memastikan posisi situs spesifik dengan kata kunci (keyword) yang spesifik juga. Contohnya algoritma mesin pencari google, yahoo, msn, ask, dan lain-lain. Tiap-tiap mesin pencari ini mempunyai sistem algoritma tersendiri atau dengan kata lain cara optimasi seo pada sebagian search engine tersebut yaitu tidak sama dengan yang lain. Google, sebagai mesin pencari yang sangat kerap dipakai untuk melacak halaman situs, mempunyai algoritma yang sangat relevan untuk tiap-tiap hasil pencarian. Algoritma google ini memperhitungkan kian lebih 200 factor sebelum memasukkan data situs pada hasil pencarian, factor itu seperti nilai pagerank situs, tag meta, isi situs, tag judul, usia domain dan seterusnya. 

           SERP
Singkatan dari search engine result page. Anda dapat dengan gampang tahu arti ini kalau ketikkan kata kunci (keyword) pada kolom pencarian, serta akhirnya akan muncul hasil tersebut dan itulah yang dimaksud serp. Makin baik posisi di SERP, makin baik juga traffic situs tersebut, terlebih dengan keyword yang mahal atau kerap dicari. 

           Backlink
Juga dimaksud inlink atau cuma link, link yang ada pada situs lain menunjuk kembali ke situs Anda sendiri. Backlinks cukup mutlak diperlukan untuk SEO dikarenakan dapat merubah nilai pagerank dari tiap-tiap halaman situs dan merubah peringkat pencarian di SERP. 

           Web Crawler 
Kerap juga dikatakan sebagai bot pencarian atau spider, yakni program yang berperan menelusuri situs yang ada didunia maya serta berkunjung ke web-web tersebut atas nama search engine, hasil dari spider ini untuk mendapatkan link baru serta halaman baru ataupun situs baru. Umumnya pekerjaan bot yaitu untuk mengindex serta menaruh data di database beberapa pemilik bot nya. 

           Pagerank
Pagerank yaitu sebuah algoritma yang dipakai mesin pencari google untuk memastikan posisi situs pada hasil pencarian. Makin tinggi nilai PR, maka posisinya dapat dikira mutlak terbaik serta akhirnya dapat diletakkan pada top 1 di hasil pencarian google. 

           Google Sandbox
 Google mungkin memasukkan satu situs yang telah terindex ke sandbox, serta website tersebut tak lagi nampak didalam hasil pencarian untuk kata kunci (keyword) yang spesifik. Di antara situs Indonesia yang masuk google sandbox yaitu gemscool, tetapi saat ini telah kembali normal.

           Nofollow
Nofollow yaitu atribut link yang dipakai oleh pemilik situs untuk anggota informasi ke google bahwa situs mereka tidak beri suatu dukungan website yang terhubung ke situs yang diberi back link. Saat google lihat atribut nofollow pada link tersebut umumnya tak lagi dihitung sebagai backlink untuk menaikkan pagerank. Seperti halnya kolom komentar atau back link menuju website lain. 

           Meta Tags 
Meta tag dipakai oleh situs untuk berikan informasi yang lebih detail tentang isi dari halaman situs tersebut pada mesin pencari. Meta tag diletakkan didalam sisi head dari kode html, kode tersebut tidak bisa dipandang manusia tetapi bisa diketahui oleh bot mesin pencari khususnya google. 

           Anchor Text
 Teks yang bisa diklik pada halaman situs. Contohnya bila anda mengetik anchor teks CARIHOKI, maka anda dapat menuju link situs CARIHOKI. Tiap-tiap situs pasti mempunyai anchor teks yang tidak sama dengan yang lain. 

           robots. txt
 Ini yaitu sebuah file yang diletakkan di root domain dan dipakai untuk menginformasikan bot pencarian perihal susunan website situs. Contohnya, melewati file robots. txt amat sangat mungkin untuk memblokir robot pencarian spesifik serta untuk membatasi akses ke folder spesifik dari sisi didalam situs. 

           Cloaking
 Tehnik cloaking yaitu sebuah cara ataupun tehnik membuat halaman situs yang sama namun menampilkan content yang tidak sama ke mesin pencari serta pengunjung manusia. Tujuannya yaitu untuk memperoleh peringkat atau posisi pada keyword spesifik, serta lantas memakai traffic yang masuk untuk mempromosikan product atau jasa yang tak ada hubungannya dengan content yang dicari pengunjung. Praktek ini dikira juga sebagai di antara tehnik spamming yang tentunya dilarang oleh google. 

Semoga dengan kumpulan istilah istilah dalam  SEO diatas dapat bermanfaat dan menambah informasi tentang SEO khususnya bagi para pemula.

Ditulis Oleh : Unknown // 05:17
Kategori:

0 comments:

Post a Comment