Saturday 28 December 2013

Keuntungan Submit Sitemap XML Blogger di Google Webmaster



Submit Sitemap XML Blogger di google webmasterakan kita ulas dalam artikel ini. Blogger memberikan fitur-fitur baru untuk menolong atau membantu beberapa pengguna platform blogger didalam usaha menambah popularitas SEO suatu situs atau blog. Sebagian diantaranya yaitu custom robots. txt, lalu custom meta robots tag, juga ada custom page not tound ( 404 page ), dan custom meta description,  serta blogger custom redirects . Sesudah rilisan fitur-fitur tersebut telah ada, blogger juga telah memberikan satu fitur baru yang amat berguna untuk SEO, yakni XML sitemap. Yang disebut sitemap disini yaitu peta website yang dipakai sebagai sumber informasi untuk search engine, bukan hanya sitemap untuk pengunjung atau daftar isi . 

Sepanjang perjalanan dunia bloging ini, kita mungkin cuma dapat membuat sitemap yang datang dari feeds serta dimodifikasi sedemikian rupa supaya menampilkan semua daftar content halaman serta bisa dibaca oleh crawler dengan baik. Modifikasi umumnya dengan memberikan query/parameter seperti alt ( json ) serta callback ( loadtoc ). Untuk format sitemap dari blogger hasil modifikasi tersebut lantas kemudian didaftarkan di google webmaster tools. Nah, maka dari itu untuk berikan sebuah kemudahan baru untuk user, blogger memberikan satu fitur baru yaitu Sitemap XML.  Sitemap ini adalah sitemap dengan format yang amat gampang untuk dibaca oleh Search Engine yang manfaatnya adalah untuk melengkapi sistem pengindeks-an. Sedangkan sitemap sendiri berperan untuk dapat berikan informasi pada Search Engine tentang semua halaman serta content yang ada didalam sesuatu web/blog, dikarenakan kemungkinan Search Engine luput dalam mengindeks banyak halaman dan tak ada link yang diikuti. 

Sesudah  diteliti tentang format serta kapabilitasnya, sitemap XML blogger ini tidaklah sebatas sitemap biasa. Dan skema yang dipakai menurut skema ( xlmns ) yang disusun oleh sitemaps. org, jenis skema yang amat direkomendasikan oleh Search Engine besar seperti google dan juga bing dikarenakan gampang untuk dicrawl, serta memiliki kandungan informasi yang  juga tidak memiliki kueri. Oleh dikarenakan itu, saat ini waktunya untuk memakai fitur ini supaya mengoptimalkan SEO suatu situs. Sitemap ini berbentuk plain, tidak memakai styling ( css ), dikarenakan cuma dibikin untuk search engine. Justru maka akan amat bagus, dikarenakan memanglah tak perlu ada styling pada sitemap supaya bisa segera dibaca susunanya oleh Search Engine tanpa terhambat dulu oleh sebagian styling yang mengganggu. Bila Anda pengguna Woprdpress serta memakai plugin untuk membuat sitemap XML otomatis, alangkah baiknya untuk matikan fitur styling supaya sitemap yang ditampilkan plain. Sitemap XML tak perlu dilihat/dibaca manusia. 

Dikarenakan segera disimpan didalam root directory, sama seperti robots. txt, maka untuk terhubung sitemap cukup pakai url situs ditambah dengan nama serta format file sitemap : sitemap. xml. Lantas untuk mengeceknya, silakan anda tengok sitemap situs blog anda dengan url : 

http ://bloganda.blogspot.com/sitemap.xml 

Di halaman tersebut dapat tampak susunan tag sitemap yang cocok dengan format skema yang merujuk pada xmlns sitemap.org

Nah, untuk segera mengoptimalkannya, silakan segera imbuhkan sitemap tersebut ke google webmaster tools atau bing webmaster tools. Untuk Anda yang baru saja memakai blogger serta belum mendaftarkan situs di google, daftarkan situs tersebut terlebih dahulu melewati google webmaster tools. Kemudian di bagian sitemap, add/submit sitemap berformat xml tersebut. Cukup imbuhkan sitemap. xml di kolom pendaftaran sitemap serta klik submit/daftar.

Untuk yang belum mendaftarkan sitemap di google, inilah sedikit petunjuknya : 

1. Di dashboard situs pada webmaster tools, tengok kolom sisi kiri di bagian sitemap, klik. 
    atau akses melewati panel navigasi di bagian kiri, yaitu optimization - sitemap. 
2. Sesudah masuk di halaman daftar sitemap, kemudian klik tombol warna  merah di kanan 
    atas bertuliskan add/test sitemap. 
3. Isikan sisi akhir url halaman sitemap ( nama file ) sitemap. xml 
4. Klik submit sitemap.

Sesudah Submit Sitemap XML Blogger di google webmaster , maka daftar akan dapat terisi dengan daftar sitemap baru, dan sebagian informasi tentang type sitemap, status, serta jumlah url atau link yang sudah terdaftar. Mohon maaf apabila ada kesalahan dan semoga bermanfaat .

Ditulis Oleh : Unknown // 05:53
Kategori:

0 comments:

Post a Comment