Tuesday 30 July 2013

Mencari Kerjaan itu Susah... Siapa Bilang?



Angka pengangguran di Indonesia menurun. Seperti yang dikutip melalui situs berita online Kompas.com (6 Mei 2013), dinyatakan bahwa angka pengangguran di Indonesia mencapai 7,17 juta orang, turun dari Agustus 2012 yang mencapai 7,24 juta orang. Angka penganggurang yang bisa dikatakan masih tinggi ini dikeluhkan berbagai pihak karena terbatasnya lapangan pekerjaan yang ada. Namun, apakah demikian?

            Berbagai lowongan pekerjaan dicantumkan di berbagai media massa seperti koran dan majalah, ataupun lowongan kerja yang dipasang di berbagai pengumuman. Perkembangan teknologi khususnya dunia internet pun memacu berbagai situs internet untuk makin berkreasi dan berinovasi termasuk pembuatan situs pencari kerja. 

            Anda cukup mengetikkan ‘Lowongan Kerja’ di mesin pencari seperti google.comatau yahoo.com, maka Anda akan memperoleh begitu banyak lowongan kerja yang ditawari secara online. Ketika berselancar di situs-situs penyedia lowongan kerja, Anda pun diberi berbagai kemudahan seperti langsung memilih jenis pekerjaan yang Anda kehendaki, ataupun memilih berdasarkan domisili, rangegaji, pendidikan dan sebagainya. Bahkan ada pula situs yang menyediakan layanan ‘Menampung’ Curriculum Vitae, yaitu fasilitas dimana para perusahaan bisa melihat calon karyawan yang ingin mendaftar melalui CV yang ditampung di situs tersebut.

            Kebutuhan yang tinggi akan lowongan kerja didukung pula perkembangan internet menjadikan lapangan bisnis baru bagi internet marketer. Dengan hanya bermodalkan domain internet dan hak paten perusahaan, mereka bisa membuat uang lewat berbagai layanan tadi. Bagaimana caranya? Tentu saja, membership atau keanggotaan menjadi salah satu cara yang masih ampuh untuk menggaet para konsumen situs ini. Ambil contoh perusahaan-perusahaan yang mendaftarkan diri untuk memasang lowongan kerja, memang ada masa free-trial, namun, untuk memasang lowongan kerja setelah masa tersebut akan dikenai sejumlah biaya sebagai member. Keanggotaan itu pun dibagi menjadi beberapa jenis, tergantung fitur yang akan didapatkan. Tentu saja, semakin mahal jenis keanggotaan yang didaftarkan semakin lengkap pula fitur yang akan didapatkan. 

Bisnis online penyedia lapangan kerja ini sangat menarik untuk digeluti. Namun, karena begitu menarik, memang terdapat banyak sekali kompetitor disini. Dengan demikian, satu situs dengan situs yang lain harus berlomba untuk mengedepakan keunggulan masing-masing. Keunggulan ini pun disiasati dengan berbagai hal seperti pemberian diskon saat event tertentu, mengadakan sponsorship job-fair secara langsung seperti di kampus-kampus ataupun menambah fasilitas lainnya. 

            Jadi, apakah mencari pekerjaan sekarang masih sulit? Mungkin tidak. Kita bisa mencarinya di berbagai situs tersebut, atau bahkan menjadi salah satu ownerdengan membuat situs serupa. 
Sharing make us Better – By: Andhika Alexander S. Psi

Ditulis Oleh : Unknown // 21:23
Kategori:

0 comments:

Post a Comment