Thursday 21 November 2013

Dampak Apabila Outbound Link Terlalu Banyak



Outbond link terlalu banyakternyata bisa berpengaruh pada sebuah website atau blog. Ternyata kalau kita bicara tentang SEO selalu tak ada habisnya. Tahukah apa itu outbond link ?  Dan apa pengaruhnya pada suatu blog atau website ? lalu apa pengaruhnya dengan SEO ? Nah, dalam artikel kali ini kita akan bahas secara seksama.

Pengertian atau bisa disebut Definisi dari Outbound Link yaitu suatu link dari situs web maupun blog kita yang menuju ke blog atau website lain. Jika ada visitor mengklik link itu, maka visitor tersebut pasti akan meninggalkan situs blog atau website kita. Link keluar atau Outbond link bisa juga membuka di new tab dari sebuah browser yang digunakan. Link jenis ini memang mudah untuk dikenali dan biasanya dipakai atribut baik berupa nofollow maupun dofollow. Jika menginginkan untuk mengetahui link dengan target blank atau terbuka di tab baru, maka akan menggunakan kode berikut ini :

<a href=" www.namadomain.com " target="_blank" title="name">Name</a>

Untuk pengaruhnya sendiri pastilah sangat berpengaruh khususnya terhadap SEO. Karena seperti diketahui bahwa Google Spider akan selalu merayapi link-link yang ada pada suatu situs baik itu website maupun blog. Dengan menanam banyak link keluar maka otomatis Anda telah memberikan backlink secara gratis terhadap situs tersebut.  Perlu diketahui pula bahwa situs yang tidak ada outbond link juga bisa membuat situs tidak bagus di mata search engine google. Untuk itu kita perlu menyiapkan strategi supaya kita tetap memasang outbond link namun tidak berlebihan. Kebalikan dari outbond link juga ada yaitu inbound link. Inbound link merupakan link yang mengarah ke situs kita sendiri. Mengarah bisa ke homepage maupun link-link lainya yang ada pada situs kita sendiri. 

Dan cara yang paling tepat adalah memasang atribut rel nofollow pada outbond link karena dengan demikian maka link nofollow tidak akan dirayapi oleh google. Begitu pula sebaliknya kita perlu menambahkan atribut dofollow pada inbound link supaya Google Spider merayapinya. Cara membuat rel nofollow terbilang mudah salah satunya menggunakan kode HTML seperti berikut :

<a href=”namadomain.com”rel=”nofollow”>Namadomain</a>

Untuk link dofollow anda hanya perlu mengganti kata nofollow menjadi dofollow. Dengan menerapkan cara tersebut maka cukup membantu untuk memerbaiki popularitas blog anda di Search Engine Google. Cara ini terbilang efektif dan juga kreatif. 

Jadi dapat simpulkan apabila outbond link terlalu banyak akan berpengaruh pada situs anda dan kita harus mengatur strategi supaya outbond link tidak banyak dan juga diperbanyak inbound link. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan mohon maaf apabila ada kesalahan. Karena kita sama – sama berbagi dan belajar.

Ditulis Oleh : Unknown // 04:21
Kategori:

0 comments:

Post a Comment